Enak Pakai Wifi atau Kabel ?

Saya menggunakan Presario X1404 untuk pekerjaan sehari-hari, usia pakai notebook ini sudah 2 tahun, penuh bercak kotoran, tempelan stiker sana sini juga goresan goresan yang menandakan bahwa notebook ini sudah BEP jika dikurangi dari pendapatan dan harga pembelian ๐Ÿ˜€

Pekerjaan saya membutuhkan koneksi internet yang tidak terbatas oleh waktu dan fleksibelitas yang cukup tinggi, saya hampir selalu membawa notebook ini ketika bepergian bahkan ke mall, untunglah di mall-mall terkemuka di Bandung sudah banyak yang menyediakan akses internet nirkabel gratis, atau berbayar, yang cukup menolong saya dalam melakukan pekerjaan jika bosan menetap di dalam kampus.

Normalnya penggunaan baterai notebook ini sekitar 3,5 jam dalam kondisi baru dan tidak menjalankan aplikasi terlalu banyak, akan tetapi setelah 2 tahun penggunaan, umur pakai baterai ini hanyalah 1,8 jam, jika menggunakan wifi dan aplikasi standard yang selalu saya gunakan, tentunya daya baterai bisa dihemat jika menggunakan OS linux, perbedaannya cukup signifikan, yakni 30 menit.

Dalam keseharian, saya jarang sekali menggunakan WIFI, dikarenakan kecepatan maksimum yang bisa ditransfer melalui antena internal notebook saya hanyalah 54Mbps, sayangnya akses poin yang digunakan disini meski support 54Mbps tetapi sinyal yang diterima oleh notebook saya kurang bagus, dikarenakan banyaknya interferensi sinyal (sudut barat laut ITB, dekat Batan) dan juga noise yang cukup tinggi (hasil pengukuran menggunakan netstumber).

54Mbps sebetulnya hanyalah kecepatan maksimum yang bisa dilalui dari notebook saya ke akses poin saja, tentunya hal ini tidaklah terlalu sempurna dikarenakan antena internal yang digunakan di notebook ini adalah antena omnidirectional, kurangnya fokus antar titik dari notebook ke akses poin membuat kecepatan 54Mbps ini hanyalah sebuah teoritikal saja, meski lokasi akses poin dan notebook cukup dekat dan tidak terhalang oleh benda keras.

Oleh karena itu, saya lebih senang untuk menggunakan kabel LAN, meski kecepatan stabil yang bisa saya peroleh hanya sekitar 8,9MBps atau 71,2Mbps (thanks to DLINK sux), tetapi hal ini cukup menyenangkan, di lokasi kuliah saya ini, banyak sekali colokan inbow atau outbow untuk kabel Lan. Tentunya tidak terlalu menyulitkan untuk membuka dan menggulung kabel, dan jelas jelas hemat baterai karena bisa langsung colok kabel power supply disebelahnya. ๐Ÿ™‚

Jadi wifi sesekali saja lah, ke Mall kan tidak tiap hari, dan koneksi gratisan di mall-mall tidak bisa ssh dan buka port lain untuk pekerjaan saya ๐Ÿ˜€

Bagaimana dengan anda ? enak pakai wifi atau kabel ?

In

21 responses

  1. Saya sih suka pake WiFi. Bahkan di rumah pun saya pakai Wifi.

  2. enak wi fi bisa gratisan hehe

  3. enak wifi tidak ribet, enak kabel lebih cepet, tergantung keperluan toh?

  4. Kalo buat saya sih enak pake warnet..hehehe Murah dan aman. Soalnya kalo rusak atau salah pencet yang nanggung kan warnetnya..hehe

  5. Yaa enak pake wifi lah…

  6. jelas enakan wifi (saya pake IM2). cuma kok kadang suka jelek sinyalnya (terutama di bandara jakarta). kalo ada gratisan, saya lebih pilih wifi, kan enak bisa milih duduknya di mana

  7. Tergantung .. hehehe
    di kantor, meski di depan saya ada rak berisi switch dan router, saya kadang milih lewat wifi …

    kabel? gimana ya … maksud saya tuh, di kantor, memberdayakan WAP gitu loh …

  8. Vote for WiFI! Cmn kok ya nasib, di surabaya dikit bgt free hotspotnya ๐Ÿ™

  9. halah wifi gratisan enaknya gratis, enak sambil nongkrong tapi ada port yg ditutup n ga bisa pake ftp.

    jadi enakan di warnet sih bisa ngapa2in hahahaha

  10. tentunya daya baterai bisa dihemat jika menggunakan OS linux

    Beneran nih ???

  11. #10 gw pake ubuntu linux, ngehemat sekitar 30 menit, ngga tau kalau yang lain mah

  12. tergantung, kalo ada kabel tinggal colok udah bisa ngenet mendingan pake kabel. kalo jauh dari kabel ya pake wifi. kalo ada 22nya jelas kabel lebih bagus: lebih kenceng, switched & lebih hemat batere.

  13. Tergantung posisi.
    dan masalah enaknya gimana kita merasakan.
    he.3

  14. kabel.. soale kompie nda ada wifinya (-_-)

  15. Enakan pake wifi di mal-mal sambil ngeliatin pemandangan…. ๐Ÿ˜€

  16. Pake wifi enaknya nggak banyak kabel berserakan di meja. Tapi sayangnya kalau mo transfer file yang agak gede dikit, jadinya lebih lama.

    So, kalau mo ngambil file iso (yang rata-rata diatas 500MB), gw biasanya colok ke kabel dulu ๐Ÿ˜€

  17. Percuma juga kalau kabelnya bisa support 100Mbps tapi koneksi internetnya kagak cuma 1-2Mbps (itu pun kalau lagi okeh…).

    100Mbps? Udah jamannya 1Gbps kalee huwahahaha!

  18. harus kudu dan wajib pake kabel…
    masa desktop mo dibawa2 ke mall, secara gw cuman punya komputer segede kaleng krupuk ;p

  19. m.asrori Avatar
    m.asrori

    ya jelas penak pakai wifi, la wong kita bebas bergerak n mau ngenet di kamar mandi juga ga perlu tarik kabel…he..he..he

  20. mao minta info donk. mao pake wi fi di rumah…gimana cara??
    di jakarta nehh
    trimss yaaa